18 Mei 2009

PetroChina Tambah Cadangan di Jabung

tungkal3

PetroChina International Jabung Ltd menemukan cadangan minyak baru di struktur Marmo, di area sekitar North Betara, Tanjung Jabung, Jambi. Hasil tes sumur Eksplorasi Marmo-1 yang dilakukan baru-baru ini memperlihatkan produksi harian sumur tersebut mencapai 2.484 barrel minyak mentah per hari dengan gas ikutan sebesar 0,350 MMSCFD (juta standar kaki kubik per hari).

”Sumur tersebut dibor sejak Agustus 2008,” ujar Vice President Administration PetroChina International in Indonesia Budi Setiadi, Kamis (18/12) di Jambi.

Budi mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan untuk memulai produksi di sumur tersebut mulai awal tahun 2009 sebesar 500 barrel minyak mentah per hari.

Penemuan cadangan baru tersebut akan menambah jumlah produksi minyak yang dihasilkan PetroChina dari Blok Jabung, yang saat ini memproduksi sekitar 56.000 setara barrel minyak per hari (barrel minyak ekuivalen per hari/BOEPD). Penemuan tersebut sekaligus akan menambah jumlah produksi minyak nasional.

Sumur Taruhan Marmo-1 merupakan salah satu dari tujuh sumur eksplorasi yang rencananya dibor pada program tahun 2008 di Blok Jabung. Sukses dari sumur temuan tersebut, diharapkan berlanjut pada pengeboran di sumur-sumur berikutnya.

Temuan lapangan Marmo berada pada lokasi berdekatan dengan lapangan produksi lainnya sehingga dapat diharapkan terjadi percepatan produksi/pengembangan lapangan. Melalui kerja sama yang baik antara BP Migas dan PetroChina Jabung, diharapkan lapangan tersebut akan mulai berproduksi pada tahun 2009 atau awal 2010.

PetroChina International Jabung dimiliki empat pemegang interest, yakni PetroChina International Jabung Ltd dan Petronas Carigali (Jabung) Ltd masing-masing sebesar 27,85 persen, PP Oil&Gas (Indonesia-Jabung) Ltd 30, 0 persen, dan PT Pertamina 14,28 persen.

PetroChina merupakan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) BP Migas yang memiliki lima wilayah operasi di Indonesia, masing-masing dua di Jambi, dua di Papua, dan satu di Tuban.

Menurut Kepala BP Migas Kardaya Warnika, Disamping produksi minyak, juga menyampaikan perkiraan total produksi kondensat pada 2008 yang jumlahnya sebesar 121 ribu bph, Jumlah tersebut di antaranya disumbangkan Total Indonesia sebesar 64 ribu bph, ExxonMobil Oil Indonesia sebesar 6.000 bph, ConocoPhilips sebesar 10 ribu bph dan Petrochina Jabung hampir 9.000 bph.

Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan Anda, jangan lupa isi komentarnya ya...


IKLAN ANDA

Cari