22 November 2008

Cari Tau Dengan Hi Stats

Histats mungkin sudah tidak asing lagi bagi sobat blogger semua, dan tentunya sudah pasti tau dong manfaatnya bagi blog kita. Tools Histats, merupakan layanan yang disediakan oleh Histats.com (menurut saya sich…) berguna untuk melihat statistik pengunjung sebuah website ataupun blog milik sobat. Dalam visualisasinya histats menampilkan total jumlah pengunjung, berapa yang online dan berapa jumlah pengunjung pada hari itu.

Pada kesempatan kali ini saya tidak bermaksud untuk membahas bagaimana cara memasang histats dalam sebuah blog karena saya yakin sobat-sobat sudah lebih mengetahui caranya dan bahkan mungkin sobat sudah lebih dulu mengetahui manfaatnya daripada saya.

Namun… nggak ada salahnya kan jika saya mencoba untuk mengulasnya kembali…

Bahwa Histats sebenarnya bukan hanya sekedar menampilkan total trafik pengunjung baik yang online maupun total pengunjung pada hari itu, sebagaimana visualisasinya. Setelah saya mencoba menjelajahi account Histats saya, sebenarnya begitu banyak data statistic pengunjung yang bermanfaat bagi blog kita..

Nah…coba deh pasang Histats diblog sobat, tentunya dengan Login dulu di Histats.com kemudian pilih jenis Counter yang sobat sukai kemudian copy kode Html yang diberikan selanjutnya paste di blog sobat. Setelah counter histats tampil, klik Counter histats tersebut agar kita bisa masuk ke Accout histats kita. Disitu kita dapat mengetahui beberapa data statistik pengunjung yang bukan sekedar statistik trafik jumlah pengunjung saja. Namun lebih dari itu ada banyak informasi yang menurut saya sangat bermanfaat dalam optimalisasi blog sobat. Informasi yang dapat kita ketahui antara lain:

clip_image002

clip_image003 clip_image005

1. Pada Tab Traffic terdapat beberapa Menu:

  • Menu Summary berisi informasi tentang Account Blog Sobat dan   kategorinya, Jenis Counter yang digunakan
  • Pada Menu Daily Stats, Montly Stats dan Menu Last 6o days menampilkan grarik statistic pengunjung per hari, perbulan dan grafik pengunjung setelah 60 hari
  • Serta lebih detail lagi Histats juga menampilkan statistik pengunjung pada tiap jamnya.

2. Pada Tab Visitor terdapat menu:

A. Menu Browser / os / Language, menu ini menampilkan:

  • Browser yang digunakan oleh pengunjung berikut jumlahnya
  • Sistem operasi yang digunakan dan Resolusi yang dipakai oleh pengunjung
  • Bahkan kita dapat mengetahui Bahasa yang dipakai bagi setiap pengunjung

B. Pada menu Geolocation menampilkan Negara dan Kota pengunjung beserta jumlahnya.

Nah…. dengan mengetahui data-data statistik pengunjung tersebut tentunya sobat bisa tau darimana sih mayoritas pengunjung kita dan browser apa sih yang digunakan. Sehingga, paling tidak misalnya dengan mengetahui browser mayoritas yang pengunjung gunakan kemudian hendaknya settingan blog kita harus sesuai dengan browser yang digunakan oleh mayoritas pengunjung kita.

Wah… ternyata Histats bermanfaat juga ya…..

1 komentar:

  1. oia gmn caranya melihat dihistats apa yang paling banyak dicari pen gunjung????
    maksudnya artikel apa yang paling banyak dicari
    paling banayka dibaca dan viewnya

    BalasHapus

Terima Kasih atas Kunjungan Anda, jangan lupa isi komentarnya ya...


IKLAN ANDA

Cari